Laser Tingkat Rendah untuk Herniated Nucleus Pulposus (HNP)

Perkenalkan: Pak Hamid Supriyanto
Dia berusia 53 tahun, ayah dari 5 anak, 2 laki-laki dan 3 perempuan

Bapak . Kisah Hamid:
Dirawat di rumah sakit karena nyeri siatika yang sangat parah, setelah berkebun.
Bapak Hamid mendiagnosis sebagai Hernia Nucleus Pulposes (HNP); L 2,3,4 dan 5. Menolak pendekatan bedah namun membutuhkan.

Ya pak. Masalah Anda biasa terjadi pada pria paruh baya, terutama setelah aktivitas berat. Anda berkebun, dan menarik semak-semak. Roentgen Anda terlihat menggembung di L2. 3.4 dan 5. Nyeri menjalar ke bokong, paha belakang, dan betis lateral. Ini mengikuti jalur saraf skiatik.

Terapi saraf terjepit dimulai dengan istirahat total karena rasa sakit Anda (vas hampir 10). Modalitas TENS untuk mengurangi kejang. Tapi setelah hampir 3 minggu, rasa sakit Anda masih di atas 6, laser adalah jawabannya. Pertama dengan pendekatan transkutaneus, 30 menit. Rasa sakitnya tetap mengganggu, meski Anda bisa ambulasi menggunakan korset dan tongkat lumbosakral. Itu nyaman untuk Anda pada terapi 1 jam.

Jadi, saya memutuskan untuk menggunakan ILIB, diberikan seminggu dua kali. Nyeri hilang setelah ILIB ke-4, berjalan bebas, tegak, tanpa tongkat, setelah terapi ke-5, dan aktivitas harian Anda sembuh total. (Anda berkebun dan mengendarai sepeda motor).

Meskipun kita berbaring telentang di tempat tidur, itu tidak gratis.
Beban akan 100% selama posisi tegak.

Diskusi:

Padahal laser adalah modalitas utama untuk masalah Anda, tapi tirah baring, TENS, dan hindari beban menggunakan korset lumbosakral punya porsi.

Bersama dengan laser ubi quinon, dan agen neurotropik. Ubi quinon bekerja di mitokondria serta laser. Agen netral untuk penyembuhan saraf dengan laser.

Gambar di atas menunjukkan perubahan relatif pada tekanan disk L3 di berbagai posisi. Meski dalam posisi berbaring, tidak ada beban bebas. Pada penderita HNP, ortosa lumbosakral mengurangi atau menghindari berat badan, sehingga tidak terjadi benturan saraf.

ILIB lebih kuat dari transkutaneus. Hasilnya, rasa sakit Anda berkurang lebih cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *