Dua Penyebab Umum Saraf Kejepit

ada dua hal umum yang biasa menyebabkan seseorang saraf kejepit atau syaraf kejepit dan ini sudah terjadi bnyak di zaman modern ini ya gais.. so mari kita lihat apa saja penyebab saraf kejepit yang sepele ini tapi berakibat fatal

  1. Obesitas

Banyak sekali penyakit yang sering kali menghantui penderita berat badan berlebih atau obesitas. Selain erangan jantung koroner, stroke, diabetes melitus (kencing manis), dan Hipertensi, saraf kejepit juga merupakan hal menakutkan yang mengancam orang-orang obesitas. Hal ini dikarenakan ligament pada penderita obesitas cenderung lemah. Lantas dengan tekanan besar yang diterima bisa membuat kemungkinan saraf kejepit lebih banyak. Bahkan sebuah penelitian yang dipublikasikan di The Spine Journal oleh Dennis S.Meredith MD juga mengungkap bahwa obesitas bisa meningkatkan risiko berulangnya saraf kejepit berulang-ulang setelah microdiscectomy lumbar atau operasi tulang belakang.

  1. Artritis rheumatoid

Artritis reumatoid adalah peradangan sendi yang ada dalam tubuh. Peradangan sendi dapat menekan saraf di sekitarnya sehingga terjadilah saraf kejepit atau HNP. Radang sendi bisa dialami oleh semua golongan usia, termasuk di dalamnya adalah remaja dan anak-anak. Namun, kondisi ini paling sering terjadi pada orang-orang dengan rentan usia di atas 65 tahun. Radang sendi bisa disebabkan oleh beragam hal. Namun yang paling umum adalah akibat  penumpukan kristal asam urat yang dikenal dengan gout arthritis.

Selain beberapa penyebab di atas, sebenarnya ada beberapa penyebab lain. Di antaranya usia yang semakin menua, kondisi kehamilan, sering mengangkat beban berat, berolah raga terlalu leras sampai akibat dari diabetes.

Saraf kejepit bukanlah sesuatu yang bisa dianggap sepele, oleh karena itu pemeliharaan sendi sangat dibutuhkn untuk menghindari risiko dari hal tersebut. Rutih memeriksakan diri ke dokter adalah salah satu solusi paling baik untuk menghindarikan diri dari saraf kejepit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *